NasDem Kawal Nasib Perempuan Pengrajin Tali Selambar

Share with:


Brebes, Jawa Tengah – Ekspedisi Laut Jawa yang digelar DPP Partai NasDem Bidang Pertanian dan Maritim dimulai dari Desa Kubang Wungu, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah (Jateng),Rabu (1/11).

Desa Kubang Wungu merupakan daerah sentra pengrajin Tali Selambar yang biasa digunakan nelayan sebagai tali pengikat kapal dengan alat tangkap Cantrang.

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pertanian dan Maritim Emmy Hafild akan berusaha sekuat tenaga bekerja sama dengan pemerintah guna menemukan solusi yang tepat terkait masa depan cantrang dan nelayan Indonesia.

“Kita melihat langsung dampak sosial dan ekonomi dari kebijakan yang tidak dipersiapkan dengan baik, kita ingin ada solusi bagaimana sebaiknya ini dilakukan,”  ujar  Emmy.

Pelarangan Cantrang membuat proses produksi Tali Selambar menurun drastis. Puluhan pabrik di desa Kubang Wungu terancam berhenti beroperasi. Begitu juga Pujiharti dan 40 pekerja perempuan lain di pabrik UD. Prima Mandiri milik Tohadi yang berpotensi menjadi pengangguran.

“Ini sudah puluhan tahun dari nenek moyang. Tapi seminggu lagi katanya tutup, kita mau cari uang ke mana lagi untuk makan dan sekolah anak,” ujar Pujiharti (40) menuturkan kegelisahannya.

Sumber: http://partainasdem.id/read/3410/2017/11/01/nasdem-kawal-nasib-perempuan-pengrajin-tali-selambar