NasDem: Mencegah Kebocoran Keuangan Daerah, Perbaiki Kualitas Perencanaan Pembangunan

Share with:


Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat, Johnny G Plate merespon positip terhadap upaya pencegahan kebocoran keuangan Daerah oleh Depdagri dengan cara perbaikan kualitas perencanaan.

“Upaya pencegahan kebocoran keuangan negara oleh Departemen Dalam Negeri (Depdagri) itu pada dasarnya tentu baik. Namun, satu hal yang paling utama justru perbaikan kualitas perencanaan pembangunan melalui Musrenbang yang lebih berkualitas,” kata Johnny G Plate, sebagaimana dilansir dari Netralnews.com

Menurut Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem itu pengawasan itu harus dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi dan Musrenbangnas di tingkat nasional. Hal tersebut untuk menjaga kontinuitas pembangunan dan jenis program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan rakyat setempat yang selama dikeluhkan rakyat karena merasa belum disentuh pembangunan.

“Langkah berikutnya justru on going pre-audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Pusat (BPKP) untuk menjaga kualitas dan tepat waktu,  program dan post-audit oleh BPK itu yang harus dioptimalkan,” kata Johnny G Plate di Jakarta, Senin (2/1/2017).

Sementara itu, terkait on going pre-audit oleh BPKP selama ini, Johnny G Plate menilai bahwa seharusnya BPKP bisa ditingkatkan dan tidak boleh kompromi terhadap pelaksanaan pembangunan yang tidak tepat sasaran.

“Kebocoran terbesar keuangan negara justru pada perencanaan pembangunan yang tidak tepat, yang hanya menghambur-hamburkan keuangan negara pada program-program yang mubasir dan tidak tepat sasaran,” tegas Wakil Ketua DPR Fraksi NasDem tersebut.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menjabarkan sembilan poin upaya pencegahan kebocoran keuangan daerah seperti pengawasan manajemen keuangan

Sumber :

http://www.netralnews.com/news/nasional/read/45734/ini.kata.nasdem.terkait.upaya.depdagri.cegah.kebocoran.keuangan.daerah