Johny G Plate.1

NasDem Siap Dukung Calon Gubernur BI Pilihan Presiden Jokow

Share with:


Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mempunyai kriteria yang hendak mengisi kursi Gubernur Bank Indonesia (BI). Masalah ini menyusul hendak berakhirnya waktu jabatan Agus Martowardojo dalam Mei 2018.

Berdasarkan Jokowi, calon Gubernur BI mesti mempunyai sejumlah kriteria, semisal bisa memberikan kepercayaan kepada pasar, paham soal keadaan ekonomi makro dan moneter Indonesia, serta bisa melindungi tingkat inflasi yang rendah.

“Tentu saja yang boleh memberikan kepercayaan pasar, mengenai hal-hal berkaitan makro ekonomi kami, moneter, inflasi,” ujar dia usai menghadiri Dies Natalis Ke-68 Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018).

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi XI DPR, Johnny G. Plate menilai bahwa keputusan atas nama-nama calon Gubernur BI adalah hak prerogatif Presiden.

”kan hak prerogatif Presiden, apalagi BI kan ialah institusi yang independen dan tak bisa sudah ada intervensi politik. Jadi tunggu beberapa saat saja siapa yang hendak dicalonkan,” terangnya. Seperti disadur dari liputan6.com

Politikus dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) menekankan, siapapun nantinya yang melakukan fit and proper test oleh Komisi XI DPR, hendaknya berbasis keperluan institusi, kepentingan negeri, dan perekonomian nasional.

“Apakah kelak dari internal BI, perpanjangan Gubernur BI (Agus Martowardojo), atau yang lain opsi Pak Jokowi, kita menekankan berbasis keperluan institusi, kepentingan negeri, dan perekonomian nasional,” tandas Johnny.

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/3250232/jokowi-tentukan-tiga-kriteria-utama-calon-gubernur-bi?utm_source=lpfeed&utm_medium=lpfeed&utm_campaign=rss2