verifikasi dpp 8

DPP NasDem Lolos Verifikasi Faktual

Share with:


Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menyatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem memenuhi syarat verifikasi faktual partai politik (parpol). Proses verifikasi faktual dilakukan langsung di Kantor DPP NasDem, Jalan RP Suroso, Gondangdia, Cikini, Jakarta, Minggu (28/1). NasDem merupakan partai pertama yang dikunjungi oleh KPU.

Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari menuturkan, KPU menggunakan 3 indikator ketika melakukan verifikasi faktual yaitu, pertama keanggotaan kepengurusan melingkupi Ketua Umum, Sekretaris Jendral, kedua keterlibatan 30% perempuan dalam kepengurusan, dan ketiga lokasi bangunan kantor kepengurusan.

DPP Partai NasDem dikatakan oleh Hasyim telah memenuhi ke-3 indikator verifikasi faktual tersebut.

“Semua indikator yang ada sudah dipenuhi oleh NasDem, dokumen yang didaftarkan dengan fakta yang ada di lapangan sama, dengan ini saya nyatakan proses verifikasi faktual di DPP NasDem telah selesai,” tutur Hasyim.

Dalam melakukan proses verifikasi, Hasyim didampingi Komisioner KPU lain yaitu Evi Novida Ginting. Proses verifikasi dimonitor langsung oleh Ketua Umum KPU Arief Budiman. Hadir pula anggota Bawaslu, Abhan dan Fritz Edward Siregar.

Ketua Umum NasDem, Surya Paloh mengaku optimis partainya hingga tingkat terbawah dapat memenuhi syarat verifikasi parpol. NasDem sendiri dikatakan oleh Surya telah jauh-jauh hari mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan untuk mendukung kerja KPU memverifikasi parpol.

“Ini telah kita persiapkan sedemikian rupa dari sejak jauh hari. Kami punya keyakinan sepenuh hati tidak akan ada sedikit pun halangan yang akan dihadapi Partai NasDem dalam verifikasi faktual ini,” jelas Surya.

Lebih jauh Surya berharap, KPU dapat melaksanakan seluruh kewajibannya sesuai dengan perturan yang ada dalam Undang-Undang. NasDem mendukung penuh upaya KPU dalam melakukan verifikasi faktual terhadap seluruh calon parpol peserta Pemilu 2019.

“Jika dinyatakan lolos silahkan bertanding, tapi jika tidak saya harap KPU tidak ragu-ragu untuk bisa membedakan mana partai yang serius dan mana yang hanya bermain-main. Kita ingin demokrasi yang kuat, KPU salah satu penjaga demokrasi,” terang Surya.