Johny G Plate-DPP Partai NasDem

Pemilu 2019, NasDem Optimis Lolos ke DPR

Share with:


Jakarta – Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi mengatakan NasDem akan menggenjot perolehan elektabilitas dari kalangan swing voters (pemilih tidak loyal).

“Sebagai partai baru, NasDem harus bekerja keras. Kami akan berusaha mendapatkan suara-suara dari swing voters,” ujar Taufiq di Gedung Perkantoran DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, (25/01).

Taufiq melanjutkan, potensi suara dari kalangan swing voters begitu besar, buktinya Partai NasDem berhasil meraih suara sekitar 6% pada gelaran Pemilu tahun 2014 silam yang rata-rata berasal dari suara swing voters.

“Swing voters dalam pemilihan umum yang lalu itu besar sekali. Kami memperoleh swing voters itu sampai 5 persen dari awalnya satu sekian persen,” katanya.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia Denny JA yang dirilis Rabu (24/01) elektabilitas NasDem saat ini berkisar di angka 4,2 % dan menempati posisi ke-6. Taufiq yakin NasDem bisa mempertahankan perolehan suara seperti Pemilu tahun 2014.

“Dengan dasar yang sekarang, kami telah miliki 4,5 persen itu. Kami yakin mampu meraih suara lebih besar dari periode lalu karena dasarnya kami sudah lebih kuat sekarang ini,” tegas Taufiq.

Senada dengan Taufiq, Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate juga optimis partainya mampu meraih banyak suara dari kalangan swing voters untuk mengamankan kursi di legislatif pusat. Johnny menegaskan jika positioning elektabilitas partainya ini bersifat progresif.

“Kalau 4,2 persen itu sudah bagus sekali,” kata Johnny.

Meski margin of error survei itu 2,9 persen, Johnny optimistis partainya bisa lolos ke DPR.

Dijelaskan politisi NasDem itu, ada faktor lain yang berpotensi meningkatkan elektabilitas NasDem di Pemilu Legislatif 2019. Beberapa faktor yang dinilainya mampu mengatrol elektabilitas NasDem adalah capres yang akan diusung, serta para calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2018.

NasDem telah mendekrasikan dukungan kepada Joko Widodo untuk kembali maju pada Pilpres 2019. Johnny mengatakan, NasDem yakin akan ada efek elektoral untuk mendongkrak suara partai dengan tingginya elektabilitas Jokowi.

Selain itu, NasDem juga melakukan survei internal, yang membuat NasDem optimistis lolos ke DPR pada Pemilu 2019.

“Kami tahu positioning (elektabilitas) kami. Progresif kesimpulannya,” pungkas Johnny.