surya paloh perdana menteri jepang

NasDem Beri Beasiswa Pertukaran Politisi Muda ke Jepang

Share with:


Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mendorong terjadinya pertukaran politisi muda ke ‘Negeri Matahari Terbit’. NasDem bahkan akan memberikan beasiswa kepada pemuda-pemudi Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Jepang.

“Bagaimanapun, harus ada pertukaran yang bisa dilakukan, terutama dari kaum muda. NasDem akan mendukung, baik lewat beasiswa untuk anak muda yang ingin belajar di sana,” ucap Surya di Hotel Kempinski, Jakarta, akhir pekan lalu.

Surya mengatakan itu seusai melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Partai Liberal Demokratik Jepang Toshihiro Nikai. Surya mengatakan pembicaraan mengenai beasiswa akan ditindaklanjuti melalui Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Menurutnya, NasDem akan total mendukung rencana tersebut.

“Yang jelas NasDem mendorong adanya kesempatan baik, sekecil apa pun (kesempatan) itu, kita dorong untuk yang lebih baik,” jelas Surya.

Selain membicarakan mengenai pertukaran politikus muda dan beasiswa, pertemuan tersebut membahas mengenai Hari Tsunami Dunia. Indonesia dan Jepang merupakan negara yang rawan tsunami.

“Saya terlibat aktif saat tsunami di Aceh, tentu saya dukung. Kita tunggu ditetapkannya waktu untuk hari tsunami tersebut,” ungkap Surya.

Dalam pertemuan tersebut, Surya Paloh menambahkan NasDem akan mendorong hubungan Indonesia-Jepang semakin baik ke depannya.

“Kedatangan Anda ke Indonesia memberikan harapan besar untuk memperkuat hubungan kedua negara. Kami berharap pemerintah Jepang bisa memanfaatkan iklim investasi Indonesia yang mulai terbuka ini,” ucap Surya.

Hubungan Indonesia dan Jepang memasuki usia ke-60. Diharapkan, hubungan bilateral terjalin semakin erat.

Surya menambahkan, ia juga ingin Partai NasDem bisa berkontribusi dalam penguatan hubungan dua negara tersebut. Selain itu, Partai NasDem ingin investor Jepang semakin banyak berinvestasi di Indonesia.

“Kami benar-benar berharap pemerintah Jepang bisa memanfaatkan iklim investasi Indonesia yang mulai terbuka ini,” ungkap Surya.

Di sisi lain, Toshihiro mengatakan people to people contact akan menjadi salah satu fokus hubungan Jepang dan Indonesia. Pembukaan Perayaan 60 Tahun Indonesia-Jepang berlangsung di Kota Tua, Jakarta.