Johny G Plate-Fraksi Partai NasDem-Komisi XI-OJK

NasDem: Penyelenggara Pemilu Harus Tegas Hadapi Isu SARA

Share with:


Jakarta – Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate meminta kepada penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu agar tegas bagi peserta pemilu atau pihak-pihak yang mencoba menggunakan isu SARA baik dalam pilkada 2018 maupun pemilu 2019. Hal itu dilakukan untuk mencegah isu SARA berkembang dan memecah belah persatuan bangsa.

“Bawaslu-KPU perlu tegas terhadap isu SARA. Kalau perlu diskualifikasi calon (jika terbukti),” kata Johnny, Selasa (26/12).

Lebih jauh Johnny juga menegaskan, penyelenggara pemilu diminta jangan tebang pilih dalam memproses kasus yang berkaitan dengan isu SARA.

Johnny pun mengatakan bahwa dalam pilkada 2018 isu SARA tidak akan berkembang secara masif. Namun, dalam pemilu 2019, isu SARA pun dikhawatirkan akan merebak. Selain penyelenggara pemilu, sambung Johnny, elite parpol pun punya tanggung jawab untuk mencegah isu SARA tidak dimanfaatkan dalam pesta demokrasi.  Parpol harus memastikan bahwa isu SARA tidak digunakan dalam berkampanye. Pemilu, menurutnya, tidak hanya sekedar rutinitas semata dalam pergantian pemimpin, melainkan momen untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Pemimpin yang berkualitas dibutuhkan kontestasi gagasan. Politik yang lebih mengedepankan integritas,” tambahnya.