Hamdhani Sulut 1

Kalteng Perlu Mencontoh Keunggulan Budidaya Kelapa di Sulut

Share with:


Sulawesi Utara – Anggota Komisi IV dari Fraksi Partai NasDem Hamdhani menyebutkan bahwa provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) perlu mencontoh keunggulan budidaya kelapa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Terutama untuk pengembangan kelapa darat di Kalteng. Bibit unggul kelapa di Sulut, bisa dibagikan ke beberapa provinsi di Tanah Air, melalui Kementerian Pertanian, dalam hal ini Direkorat Jenderal Perkebunan.

“Kalteng memiliki potensi yang bagus untuk komoditas kelapa, bisa mempelajari keunggulan Sulut,” kata Hamdhani.

Legislator Kalimantan Tengah ini bersama rombongan Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Sulut, Selasa (19/12).  Rombongan komisi yang membidangi pertanian, perikanan dan kehutanan itu, didampingi Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian Muhammad Syakir, antara lain meninjau Balai Penelitian Tanaman Palma Manado.

Hamdhani tak bisa menyembunyikan kekagumannya pada kemajuan Balai Penelitian Tanaman Palma Manado. Anggota Fraksi Partai NasDem itu, mengaku terkesan, sekaligus bangga melihat berbagai hasil penelitian lembaga tersebut. Ia berharap kemajuannya bermanfaat, dan menginspirasi daerah-daerah lain, termasuk Kalimantan Tengah.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Muhammad Syakir mengatakan, program Badan Litbang Pertanian secara terpadu mengolah bioindustri dan melakukan perbanyakannya. Modernisasi juga sudah dilakukan seperti penerapan bioindustri dan nano teknologi.