Partai NasDem

KIP Apresiasi Keterbukaan NasDem

Share with:


Jakarta – Keterbukaan informasi lembaga publik, termasuk partai politik, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi tersebut.

Hal itu diungkapkan Komisi Informasi Pusat (KIP) Tulus Subarjono saat menyambangi Kantor DPP Partai NasDem, di Jakarta, kemarin.

Kedatangan personel KIP ke DPP NasDem dalam rangka pemantauan dan evaluasi mengenai laporan keterbukaan informasi publik yang sebelumnya telah diserahkan DPP NasDem ke KIP.

Kehadiran para komisioner KIP diterima Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate dengan didampingi Ketua Mahkamah Partai Saur Hutabarat.

“Saat ini kita akan memverifikasi kesesuaian isi kuesioner yang telah NasDem laporkan ke KIP. Apakah tingkat keterbukaan informasi publik NasDem sudah sesuai atau belum dengan yang dilaporkan tersebut,” kata Tulus dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 30 November 2017.

Sesuai dengan ketentuan UU Nomor 14/2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap lembaga atau badan publik wajib membuka informasi perihal profil dan struktur organisasi yang berhubungan dengan kebijakan ke publik.

Bersama 13 parpol yang telah mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum sebagai peserta Pemilu 2019, NasDem menjadi salah satu parpol yang menyadari pentingnya keterbukaan informasi tersebut.

Sejak 2015, NasDem konsisten melaporkan kegiatan ke KIP guna kepentingan verifikasi, pemantauan, dan evaluasi.

“Setelah tahap verifikasi, tahap selanjutnya ialah pemeringkatan lembaga atau badan publik dengan keterbukaan informasi terbaik. Sejauh ini NasDem telah menjalankan keterbukaan informasi publik dengan baik,” jelas Tulus.

Johnny G Plate menuturkan NasDem ingin menjadi parpol yang tertib menerapkan administrasi keterbukaan informasi publik.

Sebagai lembaga politik yang mendapatkan kekuasaan dari masyarakat, NasDem wajib membuka informasi kepada publik.

Sumber: http://news.metrotvnews.com/politik/5b25eZaN-kpi-apresiasi-keterbukaan-nasdem