8478682671

NasDem: Apa yang Dilakukan Jokowi Sudah Sesuai “Track”

Share with:


Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Dedy Ramanta mengatakan bahwa kebijakan yang dilakukan Presiden Joko Widodo, sudah sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini telihat dari tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi yang mencapai 67 persen.

“Tampaknya apa yang dilakukan presiden sudah sesuai dengan track yang direncanakan,” kata Dedy, saat memberi sambutan di acara rilis survei Populi Center, di Slipi, Jakarta Barat, Kamis (2/11/2017).

Ia mengatakan, rencana Jokowi sejak awal adalah membuat kebijakan yang membawa negara ini menuju jalur yang benar. Bahkan, kata Dedy, Jokowi tidak khawatir kalau kebijakannya tersebut tidak populer.

“Pak Jokowi sudah bilang saya enggak populer enggak masalah tetapi bangsa ini, negara ini, menuju ke arah track yang benar. Ini catatah yang penting,” ujar Dedy.

Menurut Dedy, Jokowi enggan berpatokan mengambil kebijakan yang hanya menguntungkan elektabilitas semata karena belum tentu akan membawa negara ke jalur yang tepat.

“Kalau setiap kebijakan publik itu tendensinya adalah pertimbangan-pertimbangan elektroal, maka menjadi sempit kacamatanya (karena) melihat pertama ini rakyat suka apa enggak,” ujar Dedy.

“Padahal tidak semua dalam perspektif politik yang populis itu kemudian sesuai dengan track negara,” ujar Dedy.

Contohnya, lanjut Dedy, dulu pernah ada perdebatan soal penting atau tidaknya subsidi bensin. Kalau rakyat diminta memilih harga bensin Rp 5.000 karena subsidi atau Rp 8.000 yang tidak disubsidi, tentu rakyat akan memilih yang lebih murah alias yang disubsidi.

Tetapi, akibat subsidi justru akan membebankan APBN. Negara pun tidak mampu untuk membeli peralatan pertahanan atau yang lebih penting misalnya untuk pendidikan.

“Kalau anda enggak bisa beli persenjataan yang baik buat tentara, polisi, enggak bisa kasih beasiswa yang baik, maka track negara enggak bisa sesuai dengan cita-cita konstitusi,” ujar Dedy.

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2017/11/03/00270161/politisi-nasdem-apa-yang-dilakukan-jokowi-sudah-sesuai-track