Diskusi Media Center Fraksi NasDem-Merahdelima3

Aktivis: Isu Lingkungan Harus Jadi Perhatian NasDem

Share with:


Jakarta – Aktivis Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Ahmad Pelor mengatakan, isu lingkungan hidup belum jadi perhatian utama Fraksi NasDem.

“Jika saya amati dalam hal isu lingkungan hidup masih belum menjadi leading dan mainstream issue bagi Fraksi NasDem,” ujarnya.

Diakuinya, saat terjadi kebakaran hutan yang melanda Indonesia tahun lalu, Fraksi NasDem bersuara lantang agar ada perubahan dalam pengelolaan lahan gambut dan hutan produktif. Namun, dalam perkembangan terakhir terutama dalam isu SP3 kepada 15 korporasi, belum mendapat pengawalan dan perhatian serius Fraksi NasDem.

“Padahal kita berharap isu ini juga menjadi perhatian maksimal Fraksi NasDem,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, dengan posisi ibu Siti Nurbaya selaku menteri LH dan Kehutanan yang notabane kader Partai NasDem, sudah semestinya Fraksi juga bisa menopang segala langkah dalam upaya restorasi lahan gambut dan hutan ini.

Ahmad menambahkan, selain persoalan lingkungan dan hutan, konflik agraria atau pertanahan juga menjadi salah satu persoalan lain yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia.

“Maka saya sepakat dengan apa yang diutarakan oleh teman Yance dari Epistema Institute sebelumnya bahwa persoalan konflik agraria juga menjadi agenda besar yang mesti diselesaikan. Nah, bagaimana Fraksi NasDem dapat menanggapi secara serius terhadap isu ini,” tuturnya mengakhiri. ‎