Yunarto Wijaya -Diskusi Media Center-Kiprah Fraksi NasDem-Merahdelima Restro

Pengamat: Suara Fraksi Harus Tingkatkan Elektabilitas Partai

Share with:


Jakarta – Pengamat politik Yunarto Wijaya menekankan, terjadinya paradoks media harus menjadi catatan bagi para kelompok politik. Paradoks media yang dimaksud adalah keadaan di mana media semakin berkembang dan dekat dengan publik namun anehnya partai politik terasa semakin menjauh.

Oleh karena itu, dalam hematnya, Fraksi NasDem melalui media centernya punya pekerjaan rumah yang cukup besar untuk bisa menggiring opini publik lewat sikap-sikap fraksi di Parlemen. Hal ini penting karena semua sikap dan aksi politik fraksi harus berkorelasi dengan tingkat elektabilitas partai politik.

“Hal yang harus dikoreksi dari partai politik adalah apakah sikap dan suara yang  disampaikan oleh anggota fraksi di berbagai media itu berkorelasi tidak dengan tingkat elektabilitasnya atau tidak,” ungkapnya kritis dalam acara diskusi terbuka Media Center Fraksi Partai NasDem di Jakarta, Kamis (28/7) lalu.

Pekerjaan rumah lain dari Fraksi NasDem adalah mengubah paradigma pemberitaan yang telah dilakukan. Yang tidak kalah pentingnya adalah keberanian dari para anggota bertandang ke televisi yang memiliki kecenderungan berseberang dengan sikap Fraksi.

“Efeknya akan sangat besar ketika ini bisa dilakukan apalagi jika berhasil menguasai panggung di media yang berlawanan,” ungkapnya.

Toto, begitu ia sering disapa, menunggu hasil dari kerja-kerja politik yang di gaungkan oleh Fraksi NasDem secara luas melalui berbagai forum. Hal ini menurutnya akan menghasilkan efek yang positif dalam rangka akselerasi kerja politik Fraksi NasDem.