Suwarjono-AJI-Dikusi Media Center Fraksi NasDem

NasDem Mesti Buat “Dunia Baru Media” dalam Komunikasi Politiknya

Share with:


Jakarta – Media terus berkembang secara signifikan seiring dengan perkembangan teknologi. Batasan antara media dan pembaca semakin kabur didobrak internet dan perkembangan industri digital. Masyarakat kini dimanjakan dengan berita-berita dan infomrasi terbaru dengan sentuhan jari di setiap harinya tanpa batas.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen Suwarjono menyebutkan, media saat ini sudah meninggalkan karakter konvensionalnya. Bukan masyarakat yang mengikuti perkembangan media, sebaliknya, medialah yang mengikuti perkembangan masyarakat. Perkembangan ini harus diikuti oleh partai politik. Sebagai entitas yang berkepentingan terhadap pemilih, mau tidak mau partai harus sadar akan hal ini.

Oleh karena itu, PR bagi Fraksi NasDem adalah bagaimana melakukan optimalisasi lewat berbagai jenis media yang ada saat ini. “Buatlah ‘dunia baru media’. Yang penting tidak konvensional dan mengikuti pola perilaku pembaca,” paparnya dalam diskusi terbuka bertajuk Strategi Komunikasi dan Kinerja Fraksi NasDem di Jakarta, minggu lalu.

Fraksi NasDem sendiri, dalam pandangan Pemred suara.com ini, sudah selangkah lebih maju dari fraksi-fraksi yang lain. Hal ini setidaknya melihat dari acara diskusi yang digelar oleh Fraksi NasDem yang melibatkan berbagai kelompok kepentingan.