Fadholi

Reses, NasDem Tagih Irigasi Tersier

Share with:


Jakarta – Untuk menunjang proses bertani, jaringan irigasi yang memadai merupakan sarana vital yang dibutuhkan bagi petani. Di beberapa daerah Kabupaten Semarang misalnya, sampai saat ini masih sangat menggantungkan pertaniannya kepada ketersediaan air dari hujan. Karena itu sering kali pertanian menjadi terhambat. Petani pun menuntut pemerintah untuk membangun jaringan irigasi tersiar.

Memperoleh aspirasi dari dapilnya, Fadholi, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem tidak tinggal diam. Dia menyampaikan aspirasi Dapilnya kepada mitra komisinya di DPR termasuk ke kementerian terkait melalui koleganya di Fraksi NasDem. Menurutnya, Irigasi tersier ini memang perlu di perjuangkan karena menyangkut produktivitas masyarakat.

“Saya dapat aspirasi dari sejumlah petani, mereka minta agar di bangun irigasi tersier,” ujarnya saat di hubungi, Senin, (4/4/2016).

Dia menyampaikan bahwa irigasi tersier yang ingin di wujudkan para petani tersebut berada di Watuagung Tuntang, Kali Kurmo, Kecamatan Bringin, Desa Tawang, Susukan, dan Suruh.

“Makanya, perlu tindak lanjut sehingga petani tidak mengalami kesulitan dengan hasil pertaniannya dan bisa menghasilkan panen yang optimal,” tuturnya anggota Komisi IV DPR RI dapil Jawa Tengah I ini.

Selanjutnya selain urusan irigasi, Fadholi mengingatkan petani bahwa penting melakukan penghijauan kembali atau reboisasi kawasan sumber mata air Senjoyo yang saat ini debitnya sudah berkurang cukup jauh.

“Penghijauan di Senjoyo ini harus digarap serius, karena saat ini debitnya sudah berkurang. Padahal kta ketahui limpahan air Senjoyo selama ini menjadi andalan para petani untuk irigasi,” tegasnya.

Dalam kesempatan reses masa sidang ketiga ini, memberikan bantuan peralatan pertanian modern kepada para kelompok tani baik di Salatiga maupun Kabupaten Semarang.

“Alat pertanian itu untuk mendukung efisiensi dan mempermudah kerja para petani,” pungkasnya.