hamdani

Kalteng Harus Punya Tempat Karantina yang Luas

Share with:


Palangka Raya, Kalteng – Anggota Komisi IV DPR Hamdani mengungkapkan, bangunan karantina pertanian di Kalimantan Tengah masih sangat kecil. Padahal areal lahannya masih sangat luas, khususnya di sekitar Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya. Bukan hanya itu, Hamdhani juga menyesalkan minimnya fasilitas karantina. Hal tersebut di ungkapkannya usai melakukan kunjungan spesifik Komisi IV di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Karantina pertanian ini sangat penting untuk mendeteksi hama dan penyakit pada hewan dan tanaman. Oleh sebabnya, karatina ini harus memiliki tempat yang luas untuk menampung segala jenis hewan dan tanaman yang masuk. Kalteng ini lahannya masih luas di dekat bandara. Itu bisa dimanfaatkan secara maksimal,” tegasnya beberapa waktu yang lalu.

Hamdani juga menyayangkan, selama ini banyak bibit sawit datang dari Sumatera yang masuk melalui  Bandara Tjilik Riwut, Bandara Pangkalan Bun, dan Pelabuhan Sampit, yang belum bersertifikat. Beberapa perusahaan di Kalteng juga sering mendatangkan sapi-sapi impor dari Australia. Hal ini harusnya dikarantina dan diteliti betul. Bahkan bila perlu Kalteng juga menyiapkan rumah potong hewan (RPH) yang memadai untuk sapi-sapi impor itu.