ETUA UMUM

Solidaritas Tragedi Teror, Konsolidasi Fraksi Partai NasDem Ditunda

Share with:


 

Kuta – Sebagai bentuk duka cita atas peristiwa terror yang terjadi di Jakarta siang ini (14/01), Fraksi Partai NasDem memutuskan menunda pembukaan acara konsolidasi fraksi. Keputusan ini diambil juga sebagai bentuk solidaritas terhadap korban peledakan bom dan penembakan di area jalan Thamrin Jakarta. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh yang sedianya akan membuka acara pukul 13.30 WITA, atau sekitar satu setengah jam setelah peristiwa terror. Saat waktu menginjak sesi pembukaan, Surya Paloh bukannya menuju podium pertemuan di Ballroom Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta, tapi malah menggelar konferensi pers di halaman Ballroom.

 

“Suasana kebatinan kita saat ini berbeda dengan suasana sebelum terjadinya terror yang menimpa saudara-saudara kita di Jakarta,” ungkap Surya Paloh mengawali pernyataannya dalam konferensi pers.

 

Dia yakin, para peserta konsolidasi yang datang dari seluruh pelosok negeri pun meraasakan hal serupa dengannya. Bisa dimaklumi, jika sebagai bagian anak bangsa, semua orang merasakan keprihatinan, luka, duka dan marah atas tindakan terroris tersebut. Oleh karena itu, Surya Paloh juga mewakili segenap keluarga Partai NasDem menyatakan kutukan terhadap ulah terroris, yang dilakukan atas nama apa pun.

 

“NasDem jelas mengutuk aksi ini sekeras-kerasnya. NasDem mengajak semua pihak dan komponen bangsa untuk tidak takut dan lemah terhadap intimidasi terrorisme yang diberikan kepada kita,” tegas Surya Paloh.

 

Dalam hemat Surya, justru ancaman yang dihadirkan oleh para terori harus menjadi pemicu bagi segenap elemen bangsa, guna memperkokoh kebersamaan. Dia menghimbau segenap anak bangsa agar bergendengan tangan, mendukung penuh pemerintah dalam mengambil langkah keamanan dalam menyiapi tragedi ini. Sikap kooperatif dan pro aktif ini, menurutnya akan turut menjaga stabilitas nasional, dan menghindarkan diri dari tindakan yang buang-buang energy karena saling berseteru satu sama lain.

 

“Kita menghadapi kelompok dan tindakan terror yang memberi dampak serta kerusakan sangat berarti terhadap kehidupan bangsa. Kita harus nyatakan bersama bahwa siapa pun tak akan mudah melemahkan kita sebagai sebuah bangsa,” pungkas Surya Paloh.

 

Terkait agenda Konsolidasi Fraksi Partai NasDem se Indonesia, diputuskan bahwa acara yang sedianya dibuka pukul 13.30 WITA ditunda hingga 19.00 WITA. Bagaimana pun para peserta konsolidasi, yakti jajaran Fraksi Partai NasDem DPR RI, Fraksi Partai NasDem DPRD Provisi se Indonesia, dan Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten/ kota se Indonesia telah tiba di lokasi acara. Agenda akan tetap dilanjutkan, dengan tanpa menghilangkan solidaritas dan empati terhadap peristiwa terror yang tengah terjadi.