Sahroni 2

Moto GP 2017 di Sentul Diprediksi Datangkan Benefit Menggiurkan

Share with:


Jakarta – Usai Kemenpora mengukuhkan Indonesia sebagai tuan rumah pagelaran MotoGP 2017, Rabu pekan kemarin (21/10), Indonesia harus bergegas mempersiapkan diri menyambut para tamu mancanegara. Bisa dipastikan, ribuan tamu dan kru akan hadir ke sirkuit Sentul baik sebagai peserta mau pun sebagai penikmat ajang berkelas internasional itu.

Datangnya ribuan pengunjung itu tentu saja menyimpan potensi ekonomi yang tak kecil bagi masyarakat. Efek potensialnya akan lebih maksimal ketika ketika even itu diselaraskan dengan pengelolaan pariwisata dalam negeri dengan lebih serius.

Anggota Komisi XI DPR Ahmad Sahroni turut menyampaikan pandangannya terkait ajang bergengsi itu. Dalam hematnya, akan ada perputaran uang dalam jumlah sangat besar seiring pagelaran MotoGP itu. Dalam kalkulasinya, provinsi Jawa Barat khususnya, akan menangguk keuntungan sangat besar jika bisa menyajikan tempat-tempat wisata andalannya untuk para tamu.

“Bila kita bayangkan kapasitas penonton Sentul itu seratus ribu, dan masing-masing pengunjung membawa uang lima juta maka equivalen dengan jumlah 500 miliar rupiah. Dengan sajian pariwisata, angka itu bisa dikali tiga atau empat, karena pengunjung akan menghabiskan lebih banyak lagi uangnya di sini. Dalam bayangan saya, itu sekitar 2 triliun rupiah bisa berputar,” jelasnya saat dihubungi di tengah kesibukannya, Senin (26/10).

Untuk itu ia menganjurkan, pemerintah dan swasta harus berkolaborasi menopang keberhasilan penyelenggaran even MotoGP 2017. Ia mengingatkan, bahwa pandangan mata dari seluruh belahan dunia akan tertuju ke Indonesia. Ini yang dimaksud Sahroni sebagai waktu yang tepat untuk memperkenalkan diri sebagai negara yang mempunyai daerah pariwisata yang bagus.

“Kesan pertama para turis ke Indonesia itu harus dimaksimalkan, bisa jadi mereka balik lagi kalo menurut mereka pariwisata Indonesia sudah bagus,” ungkapnya.