Bertemu Moazzam Malik, Surya Paloh Hasilkan Kerjasama Indonesia-Inggris

Share with:


Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh didampingi oleh Ketua Majelis Tinggi Jan Darmadi sambut hangat kunjungan Duta Besar Moazzam Malik di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Rabu (16/09).

Dalam pertemuan tersebut Surya Paloh dan Duta Besar Inggris Muslim pertama untuk Indonesia membicarakan peran strategis antara kedua negara untuk berkomitmen meningkatkan kerjasama hubungan politik dan ekonomi.

Moazzam Malik mengakui kedatangannya ke Kantor DPP Partai NasDem tidak lain adalah untuk mengumpulkan aspirasi sebagai referensi untuk memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Inggris. Menurut Dia, partai politik memegang peranan penting dalam membangun bangsa. Karenanya, Inggris berniat membantu meningkatkan kekuatan Indonesia dalam segi ekonomi khususnya dalam menghadapi tantangan dari negara-negara luar.

Sejalan dengan itu, Surya Paloh meyakini bahwa Inggris merupakan sahabat yang telah lama menjalin hubungan baik dengan Indonesia. Lebih jauh Paloh menjelaskan tentang nihilnya catatan negatif yang ditorehkan Inggris selama menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia. Sehingga, bagi dia, hal tersebut merupakan kredit poin untuk tetap memelihara persahabatan kedua negara, sambil terus merealisasikan bentuk kerja sama apa saja yang harus dilakukan.

“Saya mengatakan kepada duta besar tadi, satu hal yang pasti saya yakin psikologis masyarakat Indonesia menganggap Inggris itu adalah negara sahabat yang tidak mempunyai catatan apapun yang negatif dalam hubungan bilateral dari kedua negara. Dan ini yang menjadi sebuah kekuatan dan modal yang harus bisa dijadikan modal yang hebat lagi untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi bagi kedua negara,” jelasnya.

Paloh juga menyebutkan kesepakatan kerjasama yang dihasilkan dalam pertemuan selama 2 jam ini berupa banyak hal. Diantaranya adalah penguatan kerjasama dibidang ekonomi dimana Inggris memiliki kepentingan terhadap sumber daya alam yang melimpah untuk berinvestasi. Selain itu, Inggris berkomitmen penuh terhadap peningkatan berbagai investasi di Indonesia. Dengan melipatgandakan angka investasi saat ini. Dengan demikian diharapkan komunikasi bilateral kedua negara akan bisa saling menguntungkan dimasa mendatang.

“Dengan national resources yang kita miliki, potensi itu telah tersedia di Indonesia. Jadi tentu inggris sangat berkepentingan bagaimanapun juga melihat Indonesia negara yang harus tetap terjaga komunikasinya bagi kepentingan-kepentingan negeri sendiri di sektor ekonomi,” paparnya.

Surya Paloh juga memaparkan sejumlah pembicaraan penting antara dirinya dengan Moazzam Malik yang berlatar belakang Muslim. Dia memaparkan bagaimana harapan Inggris agar investasinya di Indonesia bisa lebih dilipatgandakan. Paloh juga menyampaikan penghargaannya terhadap perusahaan Inggris yang tidak berniat memindahkan investasinya ke luar Indonesia.

“Tidak ada satupun perusahaan-perusahaan Inggris yang beroperasi di Indonesia atau bagi yang mau menginvestasikan investasinya di negeri ini berniat untuk memindahkan investasinya ke luar. Saya pikir ini adalah hal yang baik,” pungkasnya.

 

(Foto Courtesy: Media Indonesia.com)