62ALIMAHIR1.jpg

Reses Di Demak, Ali Mahir Prihatin Lihat Petani Gagal Panen

Share with:


DEMAK – Anggota DPR RI asal Partai NasDem, Ir Ali Mahir merasa prihatin dengan nasib petani di Kecamatan Guntur, Karangawen dan Mranggen. Sebab, saat ini banyak petani di wilayah tersebut yang gagal panen akibat tanaman padi milik mereka kekeringan.

Menurutnya, pihaknya sudah mendengar kondisi tersebut dua tahun lalu dan sekarang gagal panen terulang kembali. Karena itu, kondisi tersebut menjadi pukulan telak bagi petani didaerah sawah tadah hujan tersebut. “Kondisi yang dialami para petani ditiga kecamatan tersebut memang memprihatinkan. Karena itu, waduk atau bendungan didaerah itu memang harus ada,”kata wakil rakyat dari dapil Demak, Kudus dan Jepara ini disela reses IV tahun sidang 2014-2015 di Demak, kemarin.

Ali Mahir mengatakan, selaku anggota DPR yang mewakili dapilnya, maka ia akan berupaya mengusulkan ke para rekannya sesama anggota dewan dari Fraksi NasDem di Komisi IV DPR yang menangani bidang pertanian agar usulan pembangunan waduk Jragung di Mranggen tersebut segera direalisasi pemerintah. “Pasti akan saya usulkan dan diprioritaskan,” imbuhnya.

Ibrahim Suyuti anggota DPRD Demak dari NasDem menambahkan, pihaknya juga akan secepatnya merespon keluhan warga yang mengalami gagal panen tersebut. “Yang gagal panen di Demak ini ada 7 kecamatan termasuk di Guntur, Karangawen dan Mranggen,”katanya.

Ia menambahkan, untuk mengatasi masalah setiap tahun itu, sangat dibutuhkan waduk atau embung. Senada disampaikan Muhammad Yasin. Anggota DPRD Demak dari NasDem ini juga berpendapat, bahwa untuk membangun waduk seperti itu harus ada kesiapan lahan dari pihak pemerintah desa. “Anggaran itu biasanya ada termasuk untuk membangun waduk tersebut. Namun, kadang pemerintah desa eman-eman kalau lahannya dibuat waduk. Sebab, bengkok bisa berkurang. Karena itu, butuh komitmen bersama,”katanya.

Ketua DPD NasDem, Gunawan mengungkapkan, untuk merealisasikan waduk Jragung tersebut, pemerintah desa diminta segera mengajukan proposal ke pemerintah agar dianggarkan. “Kita akan perjuangkan supaya waduk Jragung ini cepat terwujud,” katanya. (hib/fth)

 

Sumber: www.radarsemarang.com