61346213_6201.jpg

NasDem Dukung KPK Tegakkan Hukum

Share with:


Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan bahwa partainya mendukung penuh upaya-upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK. Hal ini ditegaskannya saat jumpa pers menyikapi penetapan Ketua Mahkamah Partai OC Kaligis sebagai tersangka oleh KPK, di Kantor DPP Partai NasDem, Rabu (15/7).

“Satu sikap DPP Partai NasDem, adalah mendukung sepenuhnya, tanpa sedikitpun ada keraguan atas upaya penegakan hukum yang terus menerus diperjuangkan oleh anak-anak bangsa ini, di negeri kita ini, dan itu harus berlaku secara keseluruhan universal tanpa ada pengecualian sedikitpun termasuk apa yang terjadi atas kasus OC Kaligis,” kata Surya.

Namun Surya tetap menekankan pentingnya spirit dan semangat penegakan hukum ini tetap berlandaskan pada semangat transparansi dan juga menjaga seutuhnya azas praduga tak bersalah. Menurutnya, inilah konsepsi dan pikiran-pikiran yang terus diperjuangkan oleh Partai NasDem demi memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkait status sebagai Ketua Mahkamah Partai, Surya menyatakan bahwa khusus dalam kasus OC Kaligis ini tidak ada sanksi yang diberikan kepada yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan sejak kemarin malam Kaligis telah  melakukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Mahkamah Partai sekaligus fungsionaris Partai NasDem langsung kepada dirinya. Advokat senior itu bahkan menyatakan siap untuk mengundurkan diri sekaligus dari keanggotaan Partai NasDem.

“Dengan rasa berat hati, saya menghargai ini dan menyatakan dapat menerima pengunduran diri beliau sebagai Ketua Mahkamah Partai, Fungsionaris Partai NasDem,” tambahnya.

Surya Paloh juga menegaskan, tidak akan ada bantuan hukum kepada OC Kaligis. Menurutnya, dalam kurun waktu hampir 40 tahun mengenalnya, OC Kaligis adalah orang yang cukup memahami dengan seluk beluk hukum. Kapasitas dan kapabilitasnya selama ini tidak pernah diragukan. Karena itulah DPP Partai NasDem tidak memberikan bantuan hukum.

Di akhir jumpa pers tersebut Surya Paloh menegaskan bahwa perjuangan Partai NasDem tidak akan surut dengan musibah yang menimpa dan tak terduga ini.

“Perjuangan Partai NasDem ini untuk terus menerus mengajak dan membangun semangat  kebangsaan dengan memberikan suri keteladanan, mengedepankan nilai dan suri ketauladanan, profesionalitas dan moralitas, tidak boleh terhenti oleh satu, dua, tiga, empat, lima, bahkan seribu kasus yang kita hadapi. NasDem akan melanjutkan terus upaya-upaya gerakan perubahan restorasi bangsa ini, dan insyallah, kami yakin dan percaya, sepanjang niat baik, kejujuran hati, konsistensi sikap masih ada pada diri semangat para Kader NasDem, maka bagaimanapun tantangan, rintangan yang dihadapi insya Allah kami akan mampu menghadapi itu,” pungkasnya.