82Chairul-Muna1.jpg

Choirul Muna: Alhamdulillah, BPIH Turun 502 USD Dengan Pelayanan Lebih Baik

Share with:


Penurunan Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 2015 yang baru saja ditetapkan Komisi VIII bersama Menteri Agama RI merupakan bukti ada komitmen yang sungguh-sungguh dari DPR dalam menjalankan fungsinya.

“Kami bersidang secara alot siang dan malam dengan pihak Kemenag agar biaya direct cost yang dibebankan dari calon jamaah haji untuk segera dikurangi, dan alhamdulillah semua pihak terketuk hatinya untuk benar-benar memuliakan tamu-tamu Allah,” kata anggota Panja Haji Komisi VIII, Choirul Muna di Gedung DPR, Kamis (23/4/2015).

Kesepakatan pengurangan biaya naik haji ini diakuinya melewati pembahasan yang alot. .  Karena kali ini anggota dewan ingin memastikan agar pemerintah tidak main-main dalam mengelola uang jamaah haji.

“Ya, sampai ada anggota Panja yang menggebrak-gebrak meja dan melempar kertas dan ada beberapa yang meneteskan airmata. Namun semuanya itu proses lobi di dewan, tentu saja demi kenyamanan masyarakat yang lebih banyak.”

Dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Agama kemarin, telah ditetapkan rata-rata direct cost BPIH tahun 2015 sebesar 2.717 USD atau Rp 33.962.500 dengan menggunakan asumsi Rp 12.500 untuk 1 USD.  Dalam kalkulasi dolar AS, BPIH 2015 turun sebesar 502 USD jika dibandingkan dengan tahun 2014. “Tentu saja ini penurunan yang signifikan,” ujarnya.

Salah satu faktor yang membuat BPIH turun adalah harga sewa pemondokan, “Harga sewa pemondokan di Makkah sebesar 4500 riyal, 25 persen dari kebutuhan itu diambil dari biaya yang dibayarkan jamaah. Sedangkan 74 persen sisanya diambil dari dana indirect cost,” papar tokoh NU Magelang ini. Untuk tahun ini, seluruh jamaah haji Indonesia di Madinah akan berada di markaziah.

Meski BPIH turun, katanya, bukan berarti kualitas pelayanan kepada jamaah turun, bahkan ada beberapa yang justru ditingkatkan kualitasnya, seperti pola penerbangan satu arah dengan melakukan efisiensi dengan menghapuskan transit. “ Di sektor penerbangan, Garuda Indonesia sudah sepakat untuk memangkas 20 dolar per jamaah,” kata anggota Fraksi NasDem itu.

Komisi VIII juga mendesak agar nanti proses rekrutmen Tim Petugas Haji Indonesia, Tim Petugas Haji Daerah, dan Panitia Penyelenggara Haji (PPHI) dilaksanakan secara transparan.(MCNasDem)