84DPRD-SIJUNJUNG1.jpg

Fraksi NasDem Terima Audiensi DPRD Kabupaten Sijunjung

Share with:


Media Center –

Tamanuri dan Haji Wen

Di sela-sela kesibukan menghadiri Konferensi Parlemen Asia Afrika, Kamis (23/4), Fraksi NasDem menerima kunjungan audiensi DPRD Kabupaten Sijunjung. Fraksi NasDem yang diwakili Drs.Tamanuri, MM (Dapil Lampung II), dan H.Endre Saipoel (Dapil Sumbar I) menyampaikan apresiasi kepada delegasi DPRD Sijunjung yang datang untuk berdiskusi dan mendengarkan paparan perkembangan pembahasan rencana peraturan KPU soal Pemilihan Kepala Daerah. Delegasi DPRD Sijunjung dipimpin langsung oleh ketua DPRD Sijunjung Mukhlis Rasyid, S.Sos mendiskusikan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk menghadapi Pilkada.

Ajuka Pertanyaan

Drs. Tamanuri, MM sebagai anggota Panitia Kerja (Panja) Pilkada Komisi II DPR RI menyampaikan bahwa sampai saat ini pembahasan Peraturan KPU untuk pilkada masih terus dibahas. “Peraturan pelaksana dari UU Pilkada yang baru ini, masih terus kami bahas siang-malam bersama KPU, Departemen Dalam Negeri dan lembaga terkait” ujarnya.

Ketua Delegasi

Dalam kesempatan audiensi dengan DPRD Kabupaten Sijunjung ini, beberapa topik pembahasan yang hangat di tim Panja juga disampaikan oleh Tamanuri. “Prinsip pelaksanaan pilkada ini adalah efisiensi pembiayaan,” ujarnya. Menurutnya, upaya efisiensi ini salah satunya dengan pemangkasan tahapan Pilkada. Selain itu, Tamanuri juga menjelaskan soal batasan-batasan yang ada dalam UU Pilkada baru, salah satunya soal kekerabatan calon peserta dan pembatasan terhadap upaya incumbent untuk memobilisasi dukungan dari PNS. “Batasan waktu mutasi (PNS) maksimal baru boleh dilakukan setelah calon terpilih menjadi kepala daerah setelah 6 bulan menjabat”, katanya.

Tamanuri menjelaskan bahwa Juli nanti KPU(D) sudah mulai menerima pendaftaran calon peserta pemilukada. Namun demikian ia juga menjelaskan bahwa belum seluruh daerah yang akan melaksanakannya.  “Tahun 2027 baru kita akan menghadapi pemilukada serentak nanti” tutupnya.