80urutan-11.jpg

Launching Media Center Fraksi Nasdem

Share with:


Jakarta – Keterbukaan informasi publik adalah hak warga negara yang wajib dibayarkan oleh lembaga pemerintahan dan penyelenggara negara. Sehingga menjadi sebuah keniscayaan bagi lembaga politik yang duduk sebagai parlemen untuk memenuhi hak publik. “Inilah yang melatarbelakangi Fraksi Partai NasDem DPR RI untuk membentuk sebuah pusat media sebagai kanalisasi informasi kinerja dan sikap politik fraksi di parlemen,” jelas Viktor Laiskodat, Ketua Fraksi NasDem mengenai pengenalan Media Center Fraksi NasDem di Gedung Nusantara, Senayan, Jumat (10/04) siang ini.

Viktor menyadari bahwa kehadiran Fraksi NasDem di DPR RI meningkatkan ekspektasi publik terhadap geliat perubahan yang dapat disuarakan di gedung parlemen. “Kami adalah fraksi baru di parlemen, sudah pasti ekspektasi publik sangat tinggi, dan mengharapkan Fraksi NasDem mampu menjadi pembeda dalam hal kinerja dan keberpihakan. Untuk itu media center ini dibuka untuk menjadikan Fraksi NasDem di Senayan terbuka pada semua aspirasi masyarakat,” ujar politisi asal Nusa Tenggara Timur ini.

Manajer Program Media Center Fraksi NasDem, Joice Triatman mengatakan bahwa masyarakat mengharapkan adanya kontinuitas dan intensitas informasi yang dapat diakses mengenai kinerja anggota fraksi Partai NasDem. “Dari sana masyarakat dapat melihat dan mengetahui keberpihakan Fraksi NasDem terhadap cita-cita Restorasi Indonesia. Apa yang dapat diapresiasi dan didukung, juga membuka kanal bagi publik untuk menyampaikan kritik dan saran,” jelasnya.

Media Center Fraksi NasDem ini memiliki situs www.fraksinasdem.org, dan di dalamnya terdapat laporan aspirasi masyarakat, berita kunjungan reses, berita yang berisi statement harian dari anggota Fraksi NasDem, dan detil pembahasan dalam masa sidang, baik raker, panja, RDP, dan pansus. Selain itu, di media sosial Fraksi NasDem hadir di facebook dan twitter.

Viktor mengharapkan publik dapat mengakses informasi apa saja yang tengah diperjuangkan di Gedung Senayan. “Kita Fraksi NasDem memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat yang telah memilih pada pemilu, dan pertanggung jawaban itu tidak hanya diberikan pada masa akhir jabatan, tetapi setiap hari,” tegas Viktor lagi.

Joice Triatman mengatakan kelebihan dari media center ini adalah dapat memberikan informasi detil setiap hari secara transparan mengenai agenda-agenda fraksi. “Karena Parta NasDem sejak awal sangat komitmen terhadap keterbukaan, tidak ada tempat pada kepura-puraan, sehingga transparansi adalah hal yang wajib ada. Semoga dengan ini dapat menjadikan  fraksi Partai NasDem menjadi lokomotif perubahan di parlemen,” ujarnya optimis.