Fraksi NasDem: Forum Maritim RI-Jepang, Indonesia Siap Jadi Poros Dunia

Share with:


Jakarta – Fraksi NasDem DPR-RI mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo untuk membangun kerjasama forum maritim dengan Jepang. Sulaiman L. Hamzah, anggota Fraksi NasDem optimis langkah strategis yang diambil oleh presiden akan mampu mengintegrasikan seluruh wilayah Indonesia baik darat maupun laut. “Dengan pembangunan industri maritim dan infrastruktur maritim, kita akan kembali berjaya di laut,” demikian disampaikan anggota Komisi IV ini ketika ditemui di Gedung Nusantara I, Selasa (24/03/2015).

Optimisme Sulaiman dan Fraksi NasDem bukan tanpa alasan. “Konsep Restorasi Maritim adalah visi yang konsisten diusung semenjak berdirinya Partai NasDem,” jelasnya. Pembangunan industri dan infrastruktur maritim ini nantinya akan mendorong geliat perekonomian mancanegara yang selama ini banyak melewati Indonesia, yang diapit dua samudera besar. “Dengan ini, Indonesia siap menjadi poros Asia bahkan dunia,” ujarnya bersemangat.

Pun, legislator asal Papua ini pun memiliki harapan besar terhadap forum ini. “Pembangunan infrastruktur dan perekonomian akan semakin gencar di wilayah timur Indonesia. Sungguh, masyarakat Papua berharap besar kepada Presiden untuk membuka tol laut, juga membangun rel kereta untuk membuka keterisolasian yang menyebabkan harga-harga melambung,” ungkap Sulaiman yang baru kembali dari masa reses.

Pilihan Presiden Jokowi mewujudkan forum maritim bekerja sama dengan Jepang dinilai tepat dilakukan pemerintah saat ini. “Penguasaan teknologi (maritim-red) yang dimiliki Jepang, adalah hal baik yang juga perlu dimiliki Indonesia. Diharapkan dari kerjasama ini dapat terjadi transfer teknologi bagi bangsa kita,” ujar pria yang pernah memimpin ICMI Kabupaten Jayapura ini.

Menyikapi kekhawatiran mengenai kedaulatan maritim, Sulaiman mengatakan untuk tidak perlu terburu-buru khawatir. “Kedaulatan itu sudah jelas. Negara sudah memiliki berbagai peraturan yang dapat melindungi kepentingan-kepentingan nasional. Dalam kerjasama dengan Jepang sebagai negara investor, tentu akan ada nota kesepakatannya, dan kecil kemungkinan Indonesia akan didikte. Pengawasan tentu akan dilakukan untuk itu,” pungkasnya mantap. (MCNasDem)

Media Center Fraksi NasDem
Email   : [email protected]
CP      : Fanny Yulia (081212276996)