41fauzun1.png

Fauzun Nihayah, MH

Share with:


Fauzun Nihayah, MH dilahirkan di Pati, Jawa Tengah, 10 Desember 1983. Ia meraih gelar sarjana bidang Hukum Islam di Universitas Islam Negeri Semarang (UIN Walisongo) pada tahun 2007. Gelar Master Hukum diperolehnya di Universitas Jayabaya pada tahun 2009 dengan konsentrasi studi Hukum Pidana. Dia memulai karir pengabdian akademiknya pada tahun 2006 sebagai dosen mata kuliah Ushul Fiqh.

Selama menjadi dosen di Semarang, perempuan berjilbab ini juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Bersama kawan-kawan sejawatnya mendirikan lembaga studi Sosial dan Agama (ElSA) yang melakukan advokasi terkait persoalan sosial dan keagamaan, misalnya advokasi komunitas penganut Ahmadiyah di Semarang. Bersama lembaga ini pula, ia menulis buku berjudul “Dekonstruksi Islam Mazhab Ngaliyan, Pergulatan Pemikiran Anak-Anak Muda Semarang”.

Aktivitas di DPR-RI dimulainya ketika tahun 2008 dengan menjadi aspri anggota dewan. Tahun 2009 menjadi Tenaga Ahli Badan Legislasi DPR RI periode 2009-2014 dan terlibat dalam banyak penyusunan rancangan undang-undang. Kemudian ia juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhotul Ulama (STAINU) Jakarta. Tahun 2014, ia purnatugas di Badan Legislasi, dan saat ini mengabdikan diri menjadi Tenaga Ahli Fraksi Partai NasDem, fokus di komisi III dan Badan Legislatif.
Email : nihayahfauzun@gmail.com